Untuk Pengembang Martabak Manis, Lebih Cocok Baking Powder atau Baking Soda?




Assalamualaikum Teman-teman.


Setiap membuat martabak manis agar hasilnya lebih bagus tentu memerlukan resep atau bahan-bahan pilihan yang pastinya. Dari pilihan bahan-bahan tersebut akan menghasilkan kualitas yang lebih bagus, baik itu dari cita rasanya dan bentuknya yang dapat mengembang lebih bagus tentunya. Selain pemilihan tepung, gula, telur dan margarin, baking soda dan baking powder sebagai bahan pengembang sangat mempengaruhi dalam pembuatan martabak manis agar hasilnya lebih bagus.


Untuk bahan pengembang baking soda untuk martabak manis itu sendiri harus kita pilih-pilih juga supaya hasilnya lebih bagus dan tak terlepas dari langkah-langkah yang benar tidak asal-asalan. Nah, antara baking powder dan baking soda mana yang lebih cocok? Berikut ini, akan membantu Anda dalam memilih pengembang martabak manis, lebih cocok baking powder atau baking soda?


1. Memilih bahan pengembang baking powder untuk martabak manis


Saat bikin martabak manis yang dicampur dengan pengembang baking powder terasa sedikit lengket ya teman-teman. Kemudian saat dimasak ataupun dipanggang, adonan tepung dengan menggunakan pengembang baking powder sudah tidak terlalu lengket lagi, kemudian tekstur rongga atau lubang-lubang di atas permukaan martabak pun kelihatan.


2. Memilih bahan pengembang baking soda untuk martabak manis


Jika baking soda yang digunakan untuk pengembang yang dicampurkan dengan adonan tepung dan bahan lainnya tidak lengket seperti baking powder pada umumnya. Saat dimasak pun juga kelihatan berongga dan berlubang sempurna seperti martabak pada umumnya. Namun setelah matang, penggunaan baking soda warna kulit martabaknya agak putih, tidak mencoklat tapi teksturnya tetap halus dan tidak secantik dengan bahan pengembang menggunakan baking powder.


Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, sekarang teman-teman telah mengetahui mana yang lebih bagus untuk pengembang martabak manis, lebih cocok baking powder atau baking soda? Teman-teman, silahkan dipilih menurut selera atau keinginan masing-masing. Demikian ulasannya semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar